Mengapa Jokowi Marahi PLN Listrik Jabodetabek Padam? Daftar Gangguan, MRT, Commuter, Selular, Lumpuh

Mengapa Jokowi Marahi PLN Listrik Jabodetabek Padam? Daftar Gangguan, MRT, Commuter, Selular, Lumpuh

Mengapa Jokowi Marahi PLN Listrik Jabodetabek Padam? Daftar Gangguan, MRT, Commuter, Selular, Lumpuh
Kolase TribunMataram.com/ Istimewa
Presiden Jokowi dan kantor pusat PLN 

Mengapa Presiden Jokowi marah pada manajemen PLN karena listrik se-Jabodetabek padam sepanjang Minggu 4 Agustus 2019 kemarin? Selain menyesalkan PLN tak siap dengan contigency plan hadapi potensi gangguan, Presiden Jokowi juga sesalkan PLN tak belajar dari padamnya listri Jawa - Bali 2002 silam. 

Dan inilah daftar fakta-fakta lengkap lumpuhnya berbagai layanan publik ibukota Jakarta akibat pemadaman listrik kemarin, dari jaringan mobile banking, selular, air bersih, commuter line, dan sederet lainnya 

TRIBUNMATARAM.COM - Sebagian wilayah Pulau Jawa mengalami padam listrik pada Minggu (4/7/2019). Rata-rata listrik mulai padam sekitar pukul 11.00 WIB. Beberapa wilayah hanya padam hitungan menit, ada juga yang hitungan jam.

Bahkan, ada yang hingga Senin (5/8/2019) pagi baru tersambung lagi listriknya.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjelaskan, pemadaman terjadi karena adanya gangguan pada transmisi sutet 500kv PLN di Jawa Barat, kemudian gas turbin 1 hingga 6 Suryalaya mengalami trip dan gas turbin 7 mengalami off.

Sementara itu, terputusnya pasokan listrik di Jabodetabek disebabkan gangguan pada sirkuit pertama di saluran udara Ungaran (Jawa Tengah) pada 11.45 WIB.

Ini Penjelasan Plt Dirut PLN Soal Listrik se-Jabodetabek Padam yang Bikin Jokowi Marah, Lalu Pergi

Gangguan tersebut menjalar ke sirkuit kedua yang mengakibatkan jaringan SUTP Depok-Tasik juga terimbas. Hal ini merupakan permulaan terjadinya pemadaman di sistem Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Pemadaman listrik tersebut pun berdampak pada sejumlah layanan publik yang terganggu. Terutama yang mengandalkan listrik sebagai tenaga utama sebagai penggerak.

1. Jaringan seluler

Pemadaman listrik berimbas pada jaringan operator seluler dan mengalami ganggungan. Sebab, operator seluler mengandalkan pasokan listrik dari PLN agar Base Trasnceiver Station (BTS) dapat terus beroperasi.

Dengan adanya pemadaman, para operator harus mengandalkan listrik cadangan baik dari baterai atupun genset.

Halaman
1234
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved