Breaking News:

Potret Kondisi Ambulans Puskesmas Cikokol yang Tak Bisa Digunakan Antar Jenazah Bocah Dibopong Paman

Kondisi ambulans yang tidak bisa digunakan untuk mengantar jenazah Muhammad Husein hingga membuat sang paman menggendong jenazahnya di Tangerang.

TribunMataram Kolase/ Instagram/ Kompas.com JIMMY RAMADHAN AZHARI
Supriyadi, Paman yang menggendong jenazah keponakan di Puskesmas Cikokol, Tangerang. 

TRIBUNMATARAM.COM - Kondisi ambulans yang tidak bisa digunakan untuk mengantar jenazah Muhammad Husen hingga membuat sang paman menggendong jenazahnya di Tangerang.

Viralnya video seorang paman bernama Supriyadi yang menggendong jenazah keponakannya karena pihak puskesmas tak bisa menyewakan ambulans masih terus diperbincangkan.

Ternyata beginilah potret bagian dalam dan kondisi ambulans puskesmas Cikokol yang tidak bisa digunakan untuk mengantarkan jenazah Muhammad Husen.

Sebuah video viral seorang pria yang diketahui bernama Supriyadi menggendong jenazah ponakannya Muhammad Husein (9) keluar dari Puskesmas Cikokol Tangerang, Jumat (23/8/2019).

Kronologi Lengkap Istri Sewa 4 Pembunuh Bayaran Bunuh dan Bakar Suami & Anak dalam Mobil di Sukabumi

Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia Diberitakan Media Internasional, Kondisi Jakarta Paling Disorot

Alasan Istri Bakar Suami & Anak dalam Mobil di Sukabumi Terungkap, Masalah Rumah Tangga juga Utang

Fahri Hamzah : Cara Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota Indonesia ke Kaltim Kurang Lazim & Sepihak

Jenazah itu digendong setelah pihak rumah sakit tak memberikan ambulans dengan alasan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspitadewi menjelaskan, larangan tersebut sudah sesuai prosedur.

Ambulans yang saat itu berada di puskesmas Cikokol merupakan khusus pasien dalam keadaan gawat darurat.

"Itu ambulans yang kita sebut ambulans advance dengan beragam alat kesehatan seperti adanya terminator dan ventilator hingga oksigen," kata Liza di kantornya Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Senin (26/8/2019).

Liza menjelaskan, berdasarkan petunjuk teknis penggunaan ambulans dari peraturan menteri kesehatan (Permenkes) tidak mengatur mengenai jenazah.

"Jadi kami hanya mengatur 119 untuk kegawatdaruratan orang yang sakit. Dinkes punya 13 ambulans gratis. Tiga ambulans Smart 119 dengan peralatan lengkap yang ada di Ciledug, Cikokol, dan Karawaci Baru," paparnya.

Kondisi dalam ambulans yang tidak diperkenankan membawa jenazah Husein di puskesmas Cikokol Tangerang. (KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi)
Kondisi dalam ambulans yang tidak diperkenankan membawa jenazah Husein di puskesmas Cikokol Tangerang. (KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi) ( )
Halaman
1234
Editor: Salma Fenty Irlanda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved