Kabupaten Sumbawa 'Bebas Buang Air Besar Sembarangan' Tahun 2020, Ini Dia Sederet Programnya

Kabupaten Sumbawa 'Bebas Buang Air Besar Sembarangan' Tahun 2020, Ini Dia Sederet Programnya.

Kabupaten Sumbawa 'Bebas Buang Air Besar Sembarangan' Tahun 2020, Ini Dia Sederet Programnya
www.samaritanspurse.org
Ilustrasi program sanitasi bersih 

TRIBUNMATARAM.COM - Bupati Sumbawa bersama Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) mendeklarasikan target kabupaten untuk Bebas Buang Air Besar Sembarangan di tahun 2020 pada 25 September 2019, berlokasi di kantor Bupati Sumbawa.

Guna terjadinya akselerasi perubahan perilaku masyarakat untuk berhenti dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan untuk menjaga lingkungan melalui pengurangan produksi sampah dan pengelolaan sampah mandiri, kegiatan penggalangan komitmen dilangsungkan dengan mengundang segenap pemangku kepentingan.

Kabupaten Sumbawa berada pada peringkat terakhir di Provinsi Nusa Tenggara Barat terkait akses sanitasi dasar.

Di Kabupaten Sumbawa, masih ditemukan 107 desa/kelurahan dari total 165 desa/kelurahan yang masyarakatnya masih melakukan BABS.

Maka dari itu, melalui proyek Water for Women (WfW) oleh Plan Indonesia, Bupati Sumbawa berkomitmen untuk memberantas BABS dan mendukung upaya peningkatan kebersihan lingkungan.

Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh Kepala Desa/Lurah, Camat, Kepala Puskesmas, dan seluruh Pokja AMPL Kabupaten Sumba.

Pada kegiatan ini para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumbawa berkomitmen memprioritaskan pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai isu utama di desa, dan mengoptimalisasi pemanfaatan dana desa untuk pelaksanaan STBM serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah BABS dan sampah. 

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) merupakan organisasi pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada anak dan telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1969 melalui afiliasi dengan Federasi Plan International.

Saat ini Plan Indonesia mencanangkan proyek Water for Women (WfW) di Provinsi NTT dan NTB  yang dilaksanakan  mulai 2018 dengan dukungan Pemerintah Australia.

Dalam proyek ini, Plan Indonesia bekerja dalam kemitraan dengan pemerintah dan LSM lokal untuk mengkatalisasi perubahan menuju kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Halaman
12
Penulis: Agung Budi Santoso
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Mataram
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved