Breaking News:

Virus Corona

Tips Aman Belanja di Luar Rumah di Tengah Wabah Virus Corona, Agar Tak Mudah Tertular Virus Corona

Salah satu aktivitas yang kerap membuat banyak orang harus ke luar rumah di tengah pandemi Covid-19 ialah berbelanja kebutuhan pokok.

Editor: Asytari Fauziah
Shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi belanja di tengah wabah virus corona 

TRIBUNMATARAM.COM Walau sudah banyak perusahaan, instansi hingga satuan pendidikan yang menetapkan kebijakan bekerja dari rumah serta belajar dari rumah, namun ada sejumlah aktivitas yang kadang, mau tak mau, mengharuskan untuk ke luar rumah.

Salah satu aktivitas yang kerap membuat banyak orang harus ke luar rumah di tengah pandemi Covid-19 ialah berbelanja kebutuhan pokok.

Pakar Perilaku Konsumen dari Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University Dr Megawati Simanjuntak, SP, MSi menyarankan, bila masih memungkinkan pilih lokasi belanja terdekat dari rumah, misalnya tukang sayur atau warung, manfaatkan juga belanja kebutuhan pangan secara daring.

Detik-detik Gadis Ambruk & Meninggal saat Belanja di Minimarket, Dituduh Corona, Fakta Terungkap

Namun, bila memang harus belanja ke pasar tradisional maupun pasar swalayan, Megawati mengatakan perlu dilakukan sejumlah langkah agar kegiatan belanja tetap aman.

Berikut 10 tips belanja aman agar kemungkinan terpapar Covid-19 bisa dikurangi:

Ilustrasi berbelanja di tengah wabah virus Corona.
Ilustrasi berbelanja di tengah wabah virus Corona. (Pexels.com)

1. Buat daftar dan jumlah barang yang akan dibeli untuk beberapa hari atau minggu, jadi tidak harus sering ke luar rumah untuk belanja.

2. Upayakan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

3. Jangan lupa membawa tas belanja sendiri.

4. Sesampai di tempat belanja, fokus pada daftar barang yang akan dibeli, sehingga tidak terlalu lama di lokasi perbelanjaan.

5. Jaga jarak aman sekitar satu atau dua meter dengan orang lain (physical distancing) saat belanja termasuk saat antre membayar di kasir.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Sarankan 4 Kelompok Orang Harus Lakukan Isolasi Mandiri

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved