CPNS 2019

17.000 Formasi CPNS 2019 Berpotensi Kosong, Peserta Tak Lolos SKD & SKB Dipertimbangkan, Cek Syarat

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut sekitar 17.000 formasi berpotensi kosong, peserta yang tak lolos SKD bisa dipertimbangkan.

makassar.tribunnews.com/Istimewa
Seleksi CPNS 2019 

TRIBUNMATARAM.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut sekitar 17.000 formasi berpotensi kosong, peserta yang tak lolos SKD bisa dipertimbangkan.

Seleksi penerimaan CPNS 2019 hingga kini masih berlangsung.

Proses seleksi CPNS 2019 sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, pemerintah membuka sekitar 150.000 formasi pada seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2019.

Update CPNS 2019
Update CPNS 2019 (Tribun Pontianak)

17.000 Formasi CPNS 2019 Bakal Kosong, BKN Ungkap Penyebabnya: Konsekuensi Tak Lulus Seleksi

Syarat Karyawan yang Dapat Bantuan Pemerintah Rp 600 Ribu, Karyawan Swasta, BUMN hingga Non-PNS

Menurut Suharmen, dari jumlah tersebut, sekitar 17.000 formasi berpotensi kosong.

Hal ini dapat terjadi karena tidak ada peserta CPNS yang berhasil lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

"17.000 potensi formasi kosong, sebetulnya potensi kosong itu sebagai konsekuensi dari tidak lulus seleksi CPNS," kata Suharmen dalam media briefing BKN, Rabu (5/8/2020).

Kendati demikian, Suharmen mengatakan, untuk mengatasi potensi sejumlah formasi kosong itu, setiap instansi dapat melakukan optimalisasi.

Dia menjelaskan, optimalisasi itu dilakukan pada tahap akhir seleksi, di mana instansi dapat memilih peserta untuk ditempatkan pada posisi kosong tersebut.

Dengan syarat, mereka harus memperoleh nilai atau skor terbaik kedua dan posisi yang akan ditempatkan sesuai dengan pendidikan yang ditempuh sebelumnya.

"Jadi hasil nilai SKD dan SKB gabungan itu nilai yang terbaik, itulah yang mengisi formasi yang kosong tadi. Di hasil akhir belum tentu akan kosong sebanyak 17.000, optimalisasi nanti mekanismenya," ujarnya.

Adapun pemerintah tetap melanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 yang akan digelar pada 1 September hingga 12 Oktober 2020.

Berdasarkan jadwal tersebut, BKN melakukan verifikasi data agar peserta dapat mendaftar ulang seleksi SKB. Hal itu untuk memastikan peserta ujian melaksanakan ujian di wilayah masing-masing.

Verifikasi dilakukan dengan mencocokkan data BKN dengan data yang dimiliki instansi masing- masing. Hal ini untuk memastikan peserta telah lulus mengikuti tiga kali formasi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved