Transformasi Digital, KB Bukopin Manfaatkan SAP Ariba Discovery untuk Sistem e-Procurement

Transformasi tersebut, salah satunya diwujudkan KB Bukopin dengan mengubah sistem procurement atau pengadaan menjadi e-procurement.

DOK. KB Bukopin
Kantor PT Bank KB Bukopin (Persero) Tbk (KB Bukopin). 

TRIBUNMATARAM.COM - PT Bank KB Bukopin (Persero) Tbk (KB Bukopin) mulai bergerak cepat untuk mengimbangi model bisnis yang sedang berkembang di tengah fasenya dalam menjalani  transformasi digital.

Transformasi tersebut, salah satunya diwujudkan KB Bukopin dengan mengubah sistem procurement atau pengadaan menjadi e-procurement melalui penggunaan SAP Ariba Discovery.

Transformasi digital yang dijalankan KB Bukopin tidak hanya diimplementasikan pada sektor alur bisnis, tetapi juga pada sistem procurement dari sistem tradisional menjadi sistem digital.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan transparansi, efisiensi, serta peningkatan service level agreement (SLA).

Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen dalam melakukan transformasi digital untuk efisiensi kegiatan operasional perbankan.

“Transformasi digital di sektor perbankan, yaitu dengan mendefinisikan ulang proses bisnis pada era teknologi saat ini,” ucapnya dalam siaran persnya, Kamis (3/11/2022).

Hyup Shin menjelaskan, terdapat empat bidang utama transformasi digital yang dilakukan KB Bukopin, yaitu proses, teknologi, data, dan perubahan organisasi.

Di samping itu, kata dia, pihak SAP juga menegaskan bahwa kerja sama yang dijalin dengan KB Bukopin dalam fungsi e-procurement dapat memperkuat posisi KB Bukopin dalam mengintegrasikan teknologi masa kini pada bidang pengadaan dan manajemen aset.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, inovasi SAP memang difokuskan pada penyiapan teknologi untuk memperkuat perusahaan bertransformasi digital.

Melalui inovasi SAP, ia berharap, teknologi bisa diintegrasikan ke dalam proses bisnis, sehingga pengambil keputusan terbantu karena memiliki rekomendasi otomatis berbasis data di seluruh proses.

“Tentu saja hal ini sangat penting di industri perbankan Indonesia, termasuk di Bank KB Bukopin,” imbuh Andreas.

Untuk diketahui, SAP Ariba Discovery saat ini telah melakukan pengadaan dan mengakomodir pengeluaran kantor operasional cabang di kantor pusat KB Bukopin sekitar 80 persen dan pengeluaran kebutuhan departemen sekitar 50 persen.

SAP Ariba Discovery mengungkapkan bahwa persentase tersebut akan terus ditingkatkan dan ditargetkan untuk mengakomodasi pengeluaran umum dan administrasi sekitar 90 persen hingga 95 persen.

Dengan begitu, pengendalian atas proses pengadaan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved