Virus Corona

Lebih dari Sebulan PSBB, Tren Kasus Pasien Virus Corona di Jakarta Grafiknya Masih Naik Turun

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) selama dua periode.

Shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi virus Corona 

TRIBUNMATARAM.COM Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) selama dua periode.

PSBB periode pertama dilaksanakan selama dua pekan, sejak 10 April hingga 23 April 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian memperpanjang PSBB selama empat pekan karena menilai kebijakan tersebut belum optimal menekan angka kenaikan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Ketahuan Mabuk-mabukan saat Lockdown Cegah Corona, Wali Kota di Peru Pura-pura Mati saat Digerebek

PSBB periode kedua dilaksanakan mulai 24 April sampai Kamis (21/5/2020) kemarin.

Dua periode penerapan PSBB, kata Anies, Jakarta mulai bisa mengendalikan pergerakan virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.

Hal itu dilihat dari tingkat penularan atau reproduction number Covid-19 di Jakarta.

Pengendara sepeda motor melintasi Jalan Oto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Jawa Barat, pada saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kamis (14/5/2020). Kawasan Pasar Baru Kota Bandung ini setiap tahun pada bulan Ramadan menjadi daerah yang selalu dipenuhi pengunjung untuk berbelanja menghadapi Lebaran. Namun, tahun ini dengan adanya pandemi virus corona (Covid-19), kawasan ini diberlakukan sebagai wilayah yang masuk dalam daerah yang tertutup bagi pengunjung sehingga terlihat sepi. Tribun Jabar/Zelphi
Pengendara sepeda motor melintasi Jalan Oto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Jawa Barat, pada saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kamis (14/5/2020). Kawasan Pasar Baru Kota Bandung ini setiap tahun pada bulan Ramadan menjadi daerah yang selalu dipenuhi pengunjung untuk berbelanja menghadapi Lebaran. Namun, tahun ini dengan adanya pandemi virus corona (Covid-19), kawasan ini diberlakukan sebagai wilayah yang masuk dalam daerah yang tertutup bagi pengunjung sehingga terlihat sepi. Tribun Jabar/Zelphi (Tribun Jabar/Zelphi)

Pada Maret 2020, reproduction number Covid-19 di Jakarta, yakni 4. Artinya, 1 orang bisa menularkan Covid-19 kepada 4 orang.

Namun, sejak pertengahan April sampai Selasa (19/5/2020) lalu, reproduction number Covid-19 di Ibu Kota berhasil turun hingga sekitar 1.

Meski demikian, Anies menyatakan kasus harian Covid-19 kembali naik pada Mei. Padahal, kasus harian Covid-19 itu sempat menurun.

Tak Cuma Ada 6 Gejala Baru, Positif Virus Corona Miliki 2 Tanda Lain: Halusinasi Hingga Sulit Bicara

"Di bulan Mei, jumlah laporan kasus (Covid-19) per hari mengalami peningkatan kembali, seakan kita menuju gelombang kedua.

Halaman
1234
Editor: Asytari Fauziah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved