Virus Corona

Kemenhub Resmi Hapuskan Program Mudik Gratis Lebaran 2020 Menyusul Wabah Corona Makin Parah

Melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, program Mudik Lebaran Gratis 2020 dinyatakan dihapus menanggapi wabah virus corona.

Kemenhub Resmi Hapuskan Program Mudik Gratis Lebaran 2020 Menyusul Wabah Corona Makin Parah
Tribunsolo.com/Mardon Widiyanto
Kondisi arus lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi tampak sepi setelah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corono, Minggu (15/3/2020). 

TRIBUNMATARAM.COM - Program Mudik Lebaran Gratis 2020 yang diprakarsai Kementerian Perhubungan / Kemenhub resmi dihapuskan.

Melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, program Mudik Lebaran Gratis 2020 dinyatakan dihapus menanggapi wabah virus corona.

Keputusan bulat ini diambil mengingat wabah corona di Indonesia kian hari kian parah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, terkait dengan bencana virus corona atau Covid-19, keputusan soal mudik gratis sudah disepakati untuk ditiadakan.

Skenario Terburuk Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2020 untuk Cegah Penyebaran Corona

POPULER Mudik Gratis 2020 Terancam Ditiadakan karena Darurat Corona Diperpanjang hingga 29 Mei Nanti

"Sudah diputuskan untuk ditiadakan programnya tahun ini. Semula mudik gratis ini memang akan kami adakan BUMN dan pihak swasta lainnya," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Mulai dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Penghapusan mudik gratis yang akan dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Darat sendiri mencakup program mudik dengan bus dan kapal penyeberangan. Budi berharap masyarakat bisa mengerti dan mematuhi upaya yang dilakukan pemerintah untuk pencegahan penularan virus corona.

"Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan," ucap Budi.

Lebih lanjut Budi meminta peran serta masyarakat Indonesia untuk tidak berpergian, apalagi melakukan mudik pada saat libur Lebaran nanti.

"Saya imbau masyarakat tidak melakukan perjalanan dulu hingga situasi kondusif. Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 meluas," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Covid-19 Masih Mewabah, Mudik Gratis Lebaran 2020 Resmi Dihapuskan.

Editor: Salma Fenty Irlanda
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved