Breaking News:

Mulai Bulan Depan Bayar Pajak Kendaraan Tak Perlu ke Samsat, Cukup Lewat Aplikasi di Ponsel

Pemerintah memunculkan inovasi pembayaran pajak tak perlu menuju kantor samsat.

(ari purnomo)
seorang wajib pajak menunggu berkas di depan loket fiskal di kantor Samsat Kota Solo 

TRIBUNMATARAM.COM - Kabar gembira bagi pemilik kendaraan bermotor, mulai bulan depan bayar pajak kendaraan bisa lewat aplikasi.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor kini semakin mudah.

Pemerintah memunculkan inovasi pembayaran pajak tak perlu menuju kantor samsat.

Korlantas Polri berencana menghadirkan layanan pembayaran atas pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi, yaitu Samsat Digital Nasional (Signal) dalam waktu dekat.

Program ini ditunjukkan untuk memudahkan masyarakat atau wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan, terkhusus pada kondisi pandemi karena tidak perlu lagi hadir ke Samsat.

Jadi, para wajib pajak hanya cukup menginstal aplikasi di ponsel pintarnya, kemudian bisa membayar pajak kendaraan menggunakan gawai dengan mengkuti prosedur.

Baca juga: Mekanisme Mobil Baru Bebas Pajak Mulai Bulan Depan, Berikut Tahapannya

Baca juga: Kabar Baik & Buruk Soal Gaji Pekerja di Awal 2021, Pembebasan Pajak Dilanjutkan Tapi Subsidi Nihil

"Melalui Samsat Digital Nasional, nantinya tak perlu lagi hadir ke Samsat untuk melakukan pengurusan perpajakan kendaraan," kata Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin kepada Kompas.com.

Petugas Samsat Jakarta Utara mengecek <a href='https://mataram.tribunnews.com/tag/pajak' title='pajak'>pajak</a> sebuah mobil mewah saat razia supervisi pencegahan <a href='https://mataram.tribunnews.com/tag/pajak' title='pajak'>pajak</a> mobil mewah di Apartemen Regatta, Jakarta Utara di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Badan Pajak dan Restribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta bekerja sama dengan Samsat Jakarta Utara dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penindakan terhadap 11 mobil mewah yang menunggak pembayaran <a href='https://mataram.tribunnews.com/tag/pajak' title='pajak'>pajak</a>.

Petugas Samsat Jakarta Utara mengecek pajak sebuah mobil mewah saat razia supervisi pencegahan pajak mobil mewah di Apartemen Regatta, Jakarta Utara di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Badan Pajak dan Restribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta bekerja sama dengan Samsat Jakarta Utara dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penindakan terhadap 11 mobil mewah yang menunggak pembayaran pajak.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Hanya saja, ia belum bisa memastikan peluncuran layanan tersebut. Kini, pihak Korlantas Polri tengah melakukan uji coba secara terbatas supaya mampu beroperasi secara cepat dan tepat.

Halaman
1234
Editor: Salma Fenty Irlanda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved